Ternyata Ini Penyebabnya, Google Blokir 17 Pinjol Yang Ada Di Google Playstore - Tools Pinjol Terbaru

Edukasi Pinjaman Online

Membantu anda untuk mengerti tentang hukum hutang piutang, PERBANKAN, PINJAMAN ONLINE, serta aturan hukum lain yang sering di jumpai di masyarakat. dan juga mempublikasikan berita berita trending terkini, informasi terupdate dan terpercaya.

Ternyata Ini Penyebabnya, Google Blokir 17 Pinjol Yang Ada Di Google Playstore

aplikasi pinjol
aplikasi pinjol di blokir google sebanyak 17 aplikasi

15 Desember 2023 - Tools Pinjol,
Ada 17 aplikasi pinjol yang berbahaya dan sudah diblokir Google karena berpotensi meretas rekening nasabah. Aplikasi ditemukan memiliki suku bunga pinjaman yang tinggi dan kemungkinan pencurian data.

BACA JUGA:
Peneliti keamanan siber di ESET Research menyebutkan 17 aplikasi pinjol berbahaya  beredar di Google Play Store. Aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari 12 juta kali dari tahun 2020.

ESET tidak secara spesifik menyebut nama aplikasi Pinjol berbahaya tersebut.
Namun, mereka mengklasifikasikannya sebagai “SpyLoan” karena menggunakan teknik spyware. 

Untuk melihat lebih jelasnya bisa play video disini, atau bisa kunjungi youtube Tools Pinjol

Data ESET menunjukkan bahwa apk “SpyLoan” akan meningkat selama tahun 2023. Korbannya sudah tersebar di banyak negara, seperti India, Indonesia, Meksiko, Thailand, Nigeria, Filipina, Mesir, Kolombia, Vietnam, Singapura, dan Peru.

Mereka sering dipromosikan melalui SMS dan jejaring sosial seperti Twitter/X, Facebook dan YouTube. Beberapa apk pinjol berbahaya ini juga meniru nama dan merek penyedia  pinjaman resmi dan lembaga keuangan.

Bahkan ada penyedia pinjaman online di Kolombia yang memperingatkan penggunanya agar tidak tertipu oleh aplikasi palsu yang meniru nama mereka.

Setelah terinstal, aplikasi SpyLoan langsung meminta pengguna untuk memberikan informasi pribadi seperti alamat, kontak, slip gaji, rekening bank, foto KTP.

Aplikasi itu kemudian menyedot data nasabah, seperti log panggilan, kalender, informasi perangkat, daftar aplikasi yang diinstal, informasi jaringan Wi-Fi Lokal, kontak, lokasi pengguna, dan SMS.

ESET segera melaporkan temuannya ke Google. Ada 17 aplikasi pinjol yang berbahaya dan telah dihapus dari Play Store. Satu lagi yang bisa lolos karena mengubah izin akses dan fungsinya agar tidak terdeteksi aplikasi SpyLoan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
DMCA.com Protection Status