Jangan Takut Galbay Pinjol, Ini Waktu Yang di Bolehkan DC Lapangan Pinjol Menagih Utang - Tools Pinjol Terbaru

Edukasi Pinjaman Online

Membantu anda untuk mengerti tentang hukum hutang piutang, PERBANKAN, PINJAMAN ONLINE, serta aturan hukum lain yang sering di jumpai di masyarakat. dan juga mempublikasikan berita berita trending terkini, informasi terupdate dan terpercaya.

Jangan Takut Galbay Pinjol, Ini Waktu Yang di Bolehkan DC Lapangan Pinjol Menagih Utang

aturan dc lapangan pinjol
waktu yang di bolehkan dc lapangan pinjol mendatangi rumah nasabah

15 Desember 2023 - Tools Pinjol,
OJK sudah membuat roadmap tentang pengembangan dan penguatan layanan pembiayaan bersama berbasis perusahaan teknologi informasi atau financial technology (fintech).

BACA JUGA:
Agusman sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya (PVML) OJK mengatakan bahwa roadmap tersebut memuat ketentuan terkait direksi dan perlindungan konsumen.

Agusman menjelaskan, setiap penyelenggara harus menjelaskan tata cara pengembalian uang kepada nasabah. Kemudian ada peraturan dan etika dalam penagihan.
“Debt collector ataupun desk collector harus mematuhi etika dalam melakukan penagihan, tentunya pihak penyelenggara harus terus memantau,” ujarnya.

Selain itu, penyelenggara dilarang menggunakan ancaman, intimidasi dan hal negatif lainnya termasuk unsur SARA dalam proses penagihan. OJK juga sudah menetapkan batas waktu penagihan utang maksimal hingga pukul 20.00 waktu setempat.

“Waktu kerja tenaga penagihan maksimal sampai pukul 8 malam, bukan 24 jam,” ujarnya.

Agusman juga menegaskan bahwa pihak penyelenggara bertanggung jawab atas seluruh penagihan, yang artinya debt collector yang mempunyai kontrak dengan penyelenggara termasuk ke dalam tanggung jawab pihak penyelenggara.

“Jika ada kasus nasabah yang meninggal karena bunuh diri, maka pihak penyelenggara yang harus bertanggung jawab,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
DMCA.com Protection Status