14 Cara Aman Galbay Pinjol Agar Terhindar sebar data Dan Terror DC Pinjol - Tools Pinjol Terbaru

Edukasi Pinjaman Online

Membantu anda untuk mengerti tentang hukum hutang piutang, PERBANKAN, PINJAMAN ONLINE, serta aturan hukum lain yang sering di jumpai di masyarakat. dan juga mempublikasikan berita berita trending terkini, informasi terupdate dan terpercaya.

14 Cara Aman Galbay Pinjol Agar Terhindar sebar data Dan Terror DC Pinjol

cara aman galbay pinjol
cara jitu menghindari teror dc pinjol yang meresahkan nasabah

21 Desember 2023 - Tools Pinjol,
Pinjol terus mendapat perhatian, baik legal maupun ilegal. Masyarakat perlu memperhatikan beberapa hal seperti melindungi kontak saat mengajukan pinjol dan penagihan.

BACA JUGA:
Pinjol seringkali dijadikan jalan pintas bagi masyarakat yang membutuhkan uang dengan mudah serta cepat. Di era digital saat ini, aplikasi pinjol semakin populer di kalangan masyarakat.

Namun hal ini sering kali menyebabkan kurangnya kesadaran akan efek pinjol. Peminjam tidak menyadari konsekuensinya dan seringkali data pribadi mereka disalahgunakan.

Beberapa fakta - fakta tentang penagihan pinjol: 

1. DC dilarang sebar data dan kasar terhadap nasabah
Berdasarkan aturan OJK tentang penagihan pinjol bahwa DC ataupun debt Collector tidak boleh bersikap kasar dan melarang sebar data nasabah.
 
2. Tenor pinjol
Menurut AFPI, perusahaan pinjol legal dapat menagih utang setelah jatuh tempo batas waktu yaitu hingga 90 hari.
3. Jika telat bayar 
Ketika telat bayar setelah jatuh tempo maka pemyelenggara pinjol memiliki opsi untuk melakukan penyelidikan dan melakukan proses penagihan.

4. Hak dan Wewenang Pinjol
Walaupun jangka waktu 90 hari telah berlalu, utang tersebut tidak otomatis lunas karena ada hak dan wewenang dai penyelenggara pinjol. Mereka memiliki kewajiban untuk memproses ke jalur hukum sebagai gantinya.

5. Bunga  
Sesuai Peraturan OJK tahun 2022 tentanv besaran bunga yaitu sebesar 0,4% per hari untuk jangka waktu di bawah 30 hari. Untuk memberikan pinjaman, suku bunga yang dikenakan berkisar antara 12% hingga 24%.

6. Konsekuensi 
Akibat yang mungkin dihadapi oleh nasabah yang gagal bayar yaitu pihak DC berhak melaporkan kepada OJK melalui SLIK. SLIK ini terkenal dengan nama BI Checking dan dapat mempersulit nasabah yang galbay untuk mengajukan kembali pinjaman. 

7. Dilarang akses kontak
Saat menginstal aplikasi pinjol, Anda akan diminta memberikan akses kontak. Jika Anda merasa tidak aman dengan permintaan ini, Anda dapat menolak perizinannya.

8. Perbarui izin akses secara berkala 
Periksa izin akses aplikasi di ponsel Anda secara berkala. Jika suatu saat ada akses kontak pada aplikasi tertentu, izin tersebut dapat dicabut karena Anda merasa tidak nyaman dengan akses tersebut.

9. Tetap kendalikan pengaturan privasi Anda Ada pengaturan privasi
yang memungkinkan Anda mengontrol siapa yang dapat melihat informasi kontak. Pilih informasi kontak hanya ke beberapa orang.

10. Verifikasi dua langkah wajib diaktifkan
Dengan verifikasi dua langkah, Anda harus memasukkan PIN khusus yang hanya Anda yang tahu setiap kali Anda mencoba memverifikasi nomor WA Anda.

11. Jangan sembarang klik link
Jika Anda menerima link melalui WA dari sumber yang tidak dikenal atau mencurigakan, jangan asal klik link tersebut, karena penipuan.
12. Wajib melaporkan spam 
Jika menerima spam terkait pinjol khususnya ilegal, segera laporkan ke WA.

13. Lunasi pinjol 
Agar pinjol tidak menghubungi kontak yang lain maka bayarlah tepat waktu sesuai dengan perjanjian di awal pengajuan.

14. Hapus data di aplikasi pinjol
Dengan menghapus data aplikasi pinjol, maka apk tersebut akan kembali seperti saat pertama kali dibuka.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
DMCA.com Protection Status