6 Cara Gampang Mengamankan Data di Pinjol Ilegal Dan Pinjol Legal Tanpa Sebar Data - Tools Pinjol Terbaru

Edukasi Pinjaman Online

Membantu anda untuk mengerti tentang hukum hutang piutang, PERBANKAN, PINJAMAN ONLINE, serta aturan hukum lain yang sering di jumpai di masyarakat. dan juga mempublikasikan berita berita trending terkini, informasi terupdate dan terpercaya.

6 Cara Gampang Mengamankan Data di Pinjol Ilegal Dan Pinjol Legal Tanpa Sebar Data

hapus data pinjol ilegal
ada 6 fakta cara mengamankan data di pinjol ilegal

27 November 2023 - Tools Pinjol,
Pinjol baik legal maupun ilegal menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan uang dengan cepat.

Sebagian masyarakat menggunakan pinjol untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, membayar cicilan dan tagihan.

BACA JUGA:
Sementara itu, pinjol juga mudah ditemukan di  media massa. Persyaratannya yang cukup sederhana membuat banyak orang meminjam baik secara legal maupun ilegal.

Namun, sangat penting memperhatikan ketentuan sebelum mengajukan pinjol. Hal ini mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal buruk pada masyarakat.

Berikut fakta pinjol legal dan ilegal dan data pribadi yang harus diamankan: 

1. Data pribadi dipastikan aman di pinjol legal Bagi pengguna yang telah mendaftar di pinjol legal, tidak perlu khawatir dengan keamanan data pribadi karena OJK akan bertanggung jawab atas data pribadi yang tercatat.
 
OJK juga akan menjaga kerahasiaan dan tidak mempublikasikan data pribadi tanpa sepengetahuan pemilik data, sesuai dengan Peraturan Kominfo No.20 Tahun 2016.

2. Data diambil dari pinjol ilegal 
Pinjol ilegal adalah pemberian pinjaman tanpa izin OJK. Tentu saja hal ini dapat menimbulkan risiko bagi penggunanya. Salah satunya yaitu kemungkinan data pribadi dicuri.

Selama proses pendaftaran, pengguna diharuskan memberikan informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat, tanggal lahir, nomor identifikasi dan nomor telepon.

Data ini dapat digunakan untuk penipuan, pencurian identitas, atau kegiatan kriminal lainnya. Selain itu, pinjol ilegal juga meminta data lokasi, kontak, dan akses pesan.
3. Cara Mengatasi Galbay Pinjol 
Mencari penghasilan tambahan yang bisa sedikit meringankan beban utang. Ada banyak pekerjaan yang bisa Anda kejar untuk menambah penghasilan.

Beberapa di antaranya adalah menjadi penulis website, menjual karya Anda di website, menjadi relawan berbayar, menjadi supir taksi online dan masih banyak lagi.

4. Kapan utang pinjol bisa auto hangus?
Jangka waktu pinjol dalam menagih maksimal 90 hari. Namun hal ini kerap menyesatkan pengguna layanan dan berpikir bahwa utangnya akan otomatis hangus.

Kesimpulannya apabila pengguna jasa pinjol mempunyai utang yang belum dibayar lebih dari 90 hari, maka pemberi pinjaman dilarang untuk langsung menagih utang tersebut. Bukan berarti utang debitur otomatis lunas, melainkan tetap harus dibayar.

5. Denda Keterlambatan utang
OJK menetapkan batas maksimal denda keterlambatan yaitu 0,1% per hari selama 2 tahun terhitung sejak 1 Januari 2024 dan  0,067% per hari berlaku 1 Januari 2026.

Untuk pembiayaan konsumen dilakukan secara bertahap yaitu tingkat suku bunga sebesar 0,3% per hari berlaku selama 1 tahun mulai tanggal 1 Januari 2024, lalu 0,2% per hari selama 1 tahun mulai tanggal 1 Januari 2025 dan 0,1% per hari hari mulai 1 Januari 2026.

6. Utang Pinjol dibatasi maksimal 3 aplikasi Pengguna Pinjol akan dibatasi supaya mengurangi kebiasaan gali lobang tutup lobang. OJK hanya mengizinkan penggunaan maksimal 3 platform pinjol.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
DMCA.com Protection Status