Bunga Pinjol Terbaru 2024 Sesuai Aturan OJK - Tools Pinjol Terbaru

Edukasi Pinjaman Online

Membantu anda untuk mengerti tentang hukum hutang piutang, PERBANKAN, PINJAMAN ONLINE, serta aturan hukum lain yang sering di jumpai di masyarakat. dan juga mempublikasikan berita berita trending terkini, informasi terupdate dan terpercaya.

Bunga Pinjol Terbaru 2024 Sesuai Aturan OJK

bunga pinjol terbaru 2024
aturan ojk terbaru 2024 bunga pinjol

08 Januari 2024 - Tools Pinjol,
Pesatnya perkembangan teknologi digital di sektor jasa keuangan mendorong regulator mengeluarkan sejumlah peraturan baru untuk memastikan masyarakat terlindungi.

BACA JUGA:
Keputusan ini diambil karena teknologi keuangan (Fintech) semakin populer dan berkembang pesat, memberikan kemudahan akses yang terkadang tidak seimbang dengan pemahaman masyarakat mengenai bunga yg dibayar, efeknya banyak orang yang terlilit utang.

Hal ini tentunya tidak luput dari perhatian Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang telah menerbitkan roadmap Pengembangan dan Penguatan Layanan Pendanaan bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) dan Surat Edaran (SE) OJK 19/SEOJK.06/ 2023.

Dalam SE OJK terbaru, besaran bunga kini diatur oleh OJK, membatasi bunga pinjol antara 0,1% hingga 0,3% per hari. Sebelumnya AFPI menetapkan bunga pinjol harian maksimal 0,4% per hari.

Dalam SE OJK 19/SEOJK.06/2023, manfaat ekonomi yang diperhitungkan penyelenggara adalah keuntungan, termasuk bunga/keuntungan/bagi hasil, biaya administrasi/biaya komisi/dasar, Biaya pembayaran/ujrah setara dengan biaya dalam pertanyaan dan biaya-biaya lainnya selain denda keterlambatan pembayaran, bea materai, dan pajak.

Plafon suku bunga pinjol untuk pinjaman konsumtif jangka pendek kurang dari 1 tahun yaitu 0,3% per hari kalender dari nilai pembiayaan yang tercantum dalam perjanjian, berlaku selama 1 tahun terhitung pada tanggal 1 Januari 2024.

Jadi bagaimana caranya menghitung bunga dan biaya lain sesuai peraturan terbaru?

Contoh:
Pinjaman awal 1 juta dengan jangka waktu 30 hari, misalkan batas asumsi max adalah 0,3 % , maka total bunga sebesar 40 ribu. Sedangkan biaya administrasi sebesar 45 ribu dan biaya lainnya sebesar 5 ribu. Sehingga, total manfaat ekonomi (bunga dan biaya lainnya) yang harus dibayar dari pinjaman 1 juta maksimal 90 ribu per bulan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
DMCA.com Protection Status