OJK Blokir 10 Aplikasi Pinjol Pinjaman Online Terbaru September 2023 - Tools Pinjol Terbaru

Edukasi Pinjaman Online

Membantu anda untuk mengerti tentang hukum hutang piutang, PERBANKAN, PINJAMAN ONLINE, serta aturan hukum lain yang sering di jumpai di masyarakat. dan juga mempublikasikan berita berita trending terkini, informasi terupdate dan terpercaya.

OJK Blokir 10 Aplikasi Pinjol Pinjaman Online Terbaru September 2023

10 PINJOL DI BLOKIR OJK SEPTEMBER 2023
ojk blokir 10 aplikasi pinjol pinjaman online terbaru 2023

23 September 2023 - Tools Pinjol,
Banyak platform pinjol yang diblokir oleh Satuan Tugas (satgas) Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal (PAKI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sebelumnya, satgas tersebut bernama waspada investasi. Sejak Januari sampai 6 September 2023, Satgas memblokir 760 platform pinjol.

BACA JUGA:
Mereka bukan hanya menawarkan pinjaman melalui aplikasi namun juga dari jejaring sosial Facebook. Setidaknya pada bulan ini, ada 15 akun yang  diblokir selain jumlah di atas.

Berdasarkan laman ojk.go.id, Satgas PAKI OJK didukung tim cyber patrol Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Agustus 2023 mendeteksi 243 entitas.

Terdapat juga 45 konten pinjol ilegal di beberapa website, aplikasi, dan jejaring sosial. Satgas PAKI kemudian melakukan verifikasi, pengurangan konten, dan pemblokiran 288 pinjol ilegal.

Sejak tahun 2017 hingga September 2023, terdapat 7.200 lembaga keuangan ilegal, serta 1.196 unit investasi ilegal, 5.753 unit pinjol dan 251 platform pegadaian ilegal.

Satgas menemukan ada 15 konten yang menawarkan pinjaman pribadi ilegal. Berpotensi melanggar distribusi data pribadi dan penawarannya melalui perseorangan.
Syaratnya yaitu memberikan data pribadi seperti KTP, Kartu Keluarga, akun media sosial, foto profil WhatsApp hingga nametag pekerjaan peminjam dan juga share location si peminjam. Untuk itu, Satgas PAKI meminta masyarakat lebih berhati - hati dan bijaksana sebelum mengambil pinjaman. Karena data pribadi bisa disalahgunakan dan mengakibatkan kerugian bagi pemilik identitas.  

Satgas PAKI merupakan wadah atau forum koordinasi pelaksanaan amanah Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK) tugasnya untuk mencegah dan menangani kegiatan usaha ilegal, perizinan di bidang keuangan.

Berikut daftar 10 pinjol ilegal yang diblokir pada September 2023:

Rupiah Cash - Cash Pro Dana Rupiah Pinjam Cepat Info Tunai Kita - Pinjam Uang Cepat Kilat dan Mudah Dompet Cepat - Platform Pinjaman Tunai Pinjaman Global Personal Loan dan KTA KTA Pintar - Pinjam Uang Cepat,Mudah & Dana Kilat Uang Sesame - Pinjaman KTA Instan dan Mudah Uang-Mesin-[adalah aplikasi pinjaman online KTA] Aman Pinjam - Solusi Pinjaman KTA Mudah

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
DMCA.com Protection Status