Ini Daftar Wilayah di Indonesia Galbay Pinjol Mencapai 50 Triliun - Tools Pinjol Terbaru

Edukasi Pinjaman Online

Membantu anda untuk mengerti tentang hukum hutang piutang, PERBANKAN, PINJAMAN ONLINE, serta aturan hukum lain yang sering di jumpai di masyarakat. dan juga mempublikasikan berita berita trending terkini, informasi terupdate dan terpercaya.

Ini Daftar Wilayah di Indonesia Galbay Pinjol Mencapai 50 Triliun

kredit macet pinjol
kota paling tinggi gagal bayar pinjol 2023

28 Juli 2023 - Tools Pinjol,
Semua orang tahu bahwa saat ini ada pinjol. Bagaimana tidak, saat browsing di internet pasti ada iklan yang tiba-tiba muncul nah salah satunya yaitu pinjol.

BACA JUGA:
Faktanya banyak warga Indonesia yang menggunakan jasa pinjaman online untuk memenuhi kebutuhannya. Seperti catatan OJK, saat ini wilayah Jawa Barat menjadi pengguna pinjol yang terbanyak.

Namun bagi yang menggunakan jasa pinjaman online, apakah bisa melunasi pinjol tanpa macet? Daerah mana saja yang tercatat memiliki pinjol dengan kredit macet?
Pinjol bulan April 2023 tercatat di OJK bahwa total pinjaman online sejumlah 50,53 triliun dan meningkat 30,9% pertahun menjadi 38,6 triliun.

Sedangkan Debitur atau Badan Usaha telah mengajukan pinjaman sebesar Rp5,9 triliun. Ini terlihat seperti jumlah yang sangat besar, mengingat jumlah seluruh warga negara Indonesia yang menggunakan layanan online. Tentu jumlahnya bisa mencapai miliaran atau triliunan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Sangat disayangkan masih banyak masyarakat yang belum bisa melunasi utangnya dengan lancar. OJK menjelaskan, jika ada pinjaman jangka panjang yang melunasi utang dalam jangka waktu 30 hingga 90 hari sejumlah 3,65 triliun. Padahal masih ada sebanyak 45,4 triliun bagi yang melunasi utangnya dalam waktu 30 hari.
Namun, ada sekitar 1,42 miliar dengan kredit macet. Peminjam ritel adalah penyumbang pinjol terbesar yang berkontribusi terhadap kredit macet sebanyak 1,1 triliun. 

Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan daerah yang memiliki pinjol dengan kredit macet. Berdasarkan hasil OJK sebanyak 7,67% namun masih di batas wajar. Kemudian disusul daerah Pulau Jawa per bulan Juni 2023 sebesar 3,10% angka TWP 90.

Lalu di posisi kedua dari DKI Jakarta dan Jawa Barat yang terbanyak sebanyak 3,60%. Berikutnya disusul daerah Jawa Timur yang memberikan tambahan pinjol dengan status kredit macet sebanyak 3,25%.

Apakah Anda salah satu penyumbang pinjol dengan status kredit macet?

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
DMCA.com Protection Status