Beginilah Cara Pelaku Penipuan Melakukan Aksi Modus Penipuan Undangan Pernikahan - Tools Pinjol Terbaru

Edukasi Pinjaman Online

Membantu anda untuk mengerti tentang hukum hutang piutang, PERBANKAN, PINJAMAN ONLINE, serta aturan hukum lain yang sering di jumpai di masyarakat. dan juga mempublikasikan berita berita trending terkini, informasi terupdate dan terpercaya.

Beginilah Cara Pelaku Penipuan Melakukan Aksi Modus Penipuan Undangan Pernikahan

metode modus penipuan kirim file apk
viral di media sosial, modus penipuan dengan cara kirim file undangan pernikahan dengan file extensi APK

01 Februari 2023-Tools Pinjol,
Modus penipuan di whatsapp yang viral menyebabkan korban mengunduh "undangan pernikahan". Mirip dengan scam foto paket yang ternyata APK, kini ada scam lain yang bentuknya sama. Jangan lupa ingatkan orang terdekat untuk menghindari penipuan yang bisa menguras rekening Anda.

Dalam tangkapan layar yang beredar di internet, seorang asing mengirimkan pesan di WhatsApp. Orang ini tampaknya memaksa penerima pesan untuk mengunduh "undangan pernikahan". Memang jika diperhatikan, file tersebut berbentuk (Extensi file) berjenis APK.

Metode Modus Penipuan Undangan Pernikahan di Whatsapp


Modus penipuan ini mirip dengan penipuan 'foto paket', yang ternyata merupakan ekstensi APK. Metode yang mereka lakukan untuk menipu adalah “social engineering” dengan mengatasnamakan ekspedisi.

Alfons Tanujaya sebagai pengamat keamanan siber dari Vaccine menjelaskan bahwa besar kemungkinan korban tidak menyadari telah memasang aplikasi palsu dan setuju untuk mengizinkan akses data. Adapun aksesnya yaitu SMS dan dilanjut ke Telegram.

BACA JUGA:

“Faktanya, tindakan mengirim SMS ke Telegram tidak cukup untuk menguasai akun dan peretas perlu mengetahui UN, kata sandi, dan PIN transaksi.

Hal ini diketahui dengan mengelabui korban ke situs phising seolah-olah ada perubahan tarif transfer yang kemarin ramai tarif transfer data BRI dan BCA naik menjadi 105 ribu per bulan. Dari situ bisa dapat UN, password dan PIN transaksi,” jelasnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
DMCA.com Protection Status