Resiko Mencicil Kartu Kredit Yang Belum Anda Ketahui, Jebakan Cicilan Kartu Kredit - Tools Pinjol Terbaru

Edukasi Pinjaman Online

Membantu anda untuk mengerti tentang hukum hutang piutang, PERBANKAN, PINJAMAN ONLINE, serta aturan hukum lain yang sering di jumpai di masyarakat. dan juga mempublikasikan berita berita trending terkini, informasi terupdate dan terpercaya.

Resiko Mencicil Kartu Kredit Yang Belum Anda Ketahui, Jebakan Cicilan Kartu Kredit

resiko mencicil kartu kredit
waspada program cicilan 0% cicilan kartu kredit

01 Juni 2023 - Tools Pinjol,
Saya akan membahas tentang kartu kredit, sudah banyak program - program cicilan 0% dimana kita merasa sangat membantu banget tanpa ada bunga yang artinya kalian nyicil sesuai dengan harga jual produk.

BACA JUGA:

Bagaimana sih program cicilan 0% itu? kenapa kok sekarang semuanya bisa dicicil 0% mau di Tokopedia, di shopee atau di tokonya langsung?

Jebakan Program Cicilan 0% Kartu Kredit


Mungkin kalian ada yang pernah bekerja di e-commerce atau pernah bekerja di toko untuk cicilan 0% pasti kalian tahu tentang informasi ini.

sebenarnya cicilan 0% itu bukan mentah - mentah 0% bunga tapi bunganya itu ditanggung oleh si penjual atau biasanya juga ditanggung berdua.

Tidak ada yang namanya cicilan 0% yang ada adalah bunganya itu dibayar si penjual atau mungkin bagi dua dengan kalian, misal kalian membeli sebuah produk atau membeli HP di Tokopedia, kalau kalian cicil 3 bulan 6 bulan 12 bulan selalu ada biaya service nah biaya service itu untuk membantu atau patungan dengan tokopedianya.
Bukan hanya di Tokopedia tapi di shopee pun ada yang namanya biaya service, biaya admin dan lain sebagainya, kalau kalian membeli barang senilai di atas 5 juta kemudian cicilan kalian 12 bulan atau 24 bulan, pasti akan ada biaya service atau biaya layanan yang cukup lumayan, biasanya sebesar 500 ribu keatas.

Jadi tidak murni benar - benar 0% dan ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan juga ketika melakukan transaksi tersebut karena misalnya kalian mau cicil barang selama 2 tahun atau 24 bulan lalu kalian di tengah jalan ingin lunas.

Tapi kalian harus bayar biaya penaltinya nah biaya pinalti ini termasuk lumayan besar.

Makanya kita dipaksa untuk terus menggunakan kartu kredit, jadi kalau kalian tidak mau pakai kartu kredit dan kalian mau tutup kartu kreditnya itu tidak bisa karena kalian diikat harus sampai 2 tahun ke depan itu pun juga akan mempersulit kalian untuk menghapus biaya iuran tahunan kalau kalian nyicil 2 tahun.

Dari sisi kartu kreditnya itu diuntungkan tapi dari sisi kalian itu dirugikan, maksudnya adalah "bagaimana ketika kalian ingin utang saya kurang 10 bulan lagi tapi sekarang muncul iuran tahunan, gimana ya kira-kira kalau saya tidak bisa menggratiskan iuran tahunan tersebut?"

Biasanya kalian akan mengancam, kalau saya pribadi ya saya akan bilang mau tutup saja kartu kreditnya karena saya tidak sanggup untuk bayar iuran tahunannya lalu biasanya mereka akan bilang "Ya udah deh Pak jangan ditutup nanti kita gratiskan iuran tahunannya"

Nah kalau kalian saat ini ada cicilan biasanya bank akan mengatakan "kalau bapak ingin menutup boleh saja tapi berarti tagihan harus dilunasi dan ada penalti untuk pelunasannya ya, pelunasan langsung pelunasan di depan"

Pada dasarnya kalian harus mengerti hal ini bahwa kalian ketika menggunakan cicilan 0% mau cicil 12 bulan ataupun 24 bulan harus pahami betul bahwa kalian tidak bisa melunasi dengan cepat secara gratis, karena akan ada penalti akan mengikat kalian untuk tidak menutup kartu kredit tersebut.

Kalau kalian mau menutup berarti kalian harus melunasi beserta biaya penaltinya, itulah yang saya alami pengalaman saya ketika menggunakan kartu kredit dengan cicilan 0%.

Banyak orang itu tidak memahami dan tidak menghitung, tidak melihat, tidak menyadari bahwa untuk 0% itu ada biaya admin dan biaya servicenya begitu juga kalau kalian beli di toko.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
DMCA.com Protection Status