Waspada Modus Pencurian Kode OTP M-Banking Melalui SMS to Telegram - Tools Pinjol Terbaru

Edukasi Pinjaman Online

Membantu anda untuk mengerti tentang hukum hutang piutang, PERBANKAN, PINJAMAN ONLINE, serta aturan hukum lain yang sering di jumpai di masyarakat. dan juga mempublikasikan berita berita trending terkini, informasi terupdate dan terpercaya.

Waspada Modus Pencurian Kode OTP M-Banking Melalui SMS to Telegram

pencurian kode otp banking
waspada kode otp banking bisa di curi orang lain menggunakan SMS to Telegram

Modus Pencurian Kode OTP M-Banking Melalui Pesan Telegram


05 Desember 2022-Tools Pinjol,
Pengguna mobile banking (m-banking) harus mengetahui bahwa keamanan informasi m-banking mengutamakan kenyamanan daripada keamanan.

Hal ini dikarenakan otorisasi transaksi hanya berdasarkan password login dan PIN transaksi dan tidak mengandalkan OTP sama sekali. Bank hanya menggunakan OTP saat verifikasi penting, seperti ganti nomor hp ataupun ganti ponsel.

Membuat rekening palsu untuk mengumpulkan hasil kejahatan tidaklah sulit karena data kependudukan Indonesia yang bocor secara masif dapat dengan mudah disalahgunakan untuk membuat KTP palsu dan membuka rekening untuk mengumpulkan hasil kejahatan.

BACA JUGA:

Selain itu, transfer ke virtual account atau dompet digital yang hanya bisa dibuka dengan nomor ponsel prabayar menjadi cara yang sering digunakan pelaku kejahatan sehingga sulit dilacak oleh pihak berwajib.

Jika pengguna m-banking telah mengamankan pesan SMS dengan sangat baik dan tidak pernah tertipu untuk membagikan pesan teks OTP yang dikirim ke ponselnya kepada siapa pun, apakah ada jaminan bahwa akun m-banking mereka aman?

Sayangnya jawabannya TIDAK, karena masih ada aplikasi bernama SMS to Telegram.

SMS to Telegram

Faktanya, aplikasi SMS to Telegram bukanlah program jahat, melainkan aplikasi yang didistribusikan secara luas di Play Store dan disediakan secara gratis di Github. Aplikasi ini berguna untuk membantu pengguna ponsel membaca pesan teks di Telegram dan dapat digunakan untuk mendukung otomatisasi aplikasi lain.

BACA JUGA:

Masalahnya, SMS merupakan bentuk komunikasi yang sudah ketinggalan zaman, dari segi keamanannya jelas tidak aman, tidak terenkripsi dan mudah disadap.

Karena popularitasnya, biaya implementasi yang rendah dan adopsi yang meluas, SMS dipilih sebagai alat untuk verifikasi yang penting seperti identitas akun, transaksi finansial atau perpindahan akun m-Banking ke Ponsel baru.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
DMCA.com Protection Status